MATAHARINEWS.com

Mewartakan dengan Terang Benderang

Jumat,18 April 2014

Update12:33:08 WIB

Anda berada di sini: Nasional Politik Asraf Ali Gagas Penggulingan Jokowi, Muncul Petisi Bubarkan DPRD DKI

Asraf Ali Gagas Penggulingan Jokowi, Muncul Petisi Bubarkan DPRD DKI

  • PDF

 


Mataharinews.com Jakarta – Buntut dari mundurnya 16 rumah sakit dari pelaksanaan Program Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang sebenarnya beberapa waktu lalu sudah ‘clear’,  dan disepakati oleh Pemda DKI Jakarta serta pihak rumah sakit  untuk kembali dijalankan (oleh 14 dari 16 rumah sakit) , Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Asraf Ali berwacana untuk  melakukan pemakzulan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi).

Wacana pemakzulan yang terlontar dari Asraf Ali yang juga anggota Komisi E DPRD DKI tersebut sudah bergulir sejak tiga hari yang lalu dan konon telah diajukan oleh 32 anggota DPRD DKI.  Asraf Ali juga mengatakan, apabila jawaban eksekutif tidak memuaskan anggota dewan maka Gubernur Joko Widodo  terancam dilengserkan.

Menurut Ketua Fraksi Gerindra, M Sanusi, kalau ingin mengajukan hak interpelasi terhadap Gubernur DKI boleh saja tapi jangan dipolitisir untuk kemudian menjatuhkan (pemakzulan) Jokowi. Pemakzulan menurut menurut undang-undang dapat dilakukan jika melakukan pelanggaran berat atau meninggal dunia

“Pemakzulan itu juga tidak gampang, harus ada hak angket dulu sebagai awal, kemudian disusul dengan interpelasi. Panjang sekali jalurnya, jadi, gagasan pemakzulan itu terlalu ngawur!” terang Sanusi kepada media, Jumat (24/05/2013).

Untuk itu menurut Sanusi, Fraksi Gerindra tidak akan ikut menggalang tanda tangan dan menolak usulan pemakzulan terhadap Gubernur Jokowi.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mempertanyakan upaya pemakzulan tersebut. Menurutnya Provinsi itu terdiri dari pemerintah dan DPRD, bukan seperti hubungan DPR dengan Presiden.

“Kalau mau Tanya ya silahkan panggil kami, kan ada hak Tanya, gak usah gaya-gayaan bilang pemakzulan, belagu banget sih?” jelasnya di Balaikota, Jumat (24/05/2013)

Terkait dengan rencana sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta yang bermaksud melakukan penggulingan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mendapat respons dari sejumlah masyarakat yang diantaranya langsung membuat petisi untuk membubarkan DPRD DKI. Petisi itu digalang lewat change.org. Petisi ini dibuat oleh akun landry arieffianto.

Alasan pembuatan petisi bubarkan DPRD DKI Jakarta adalah karena anggota DPRD menghambat dan menjegal program-program Gubernur dan Wakil Gubernur yang pro rakyat. (ep)