MATAHARINEWS.com

Mewartakan dengan Terang Benderang

Kamis,23 Oktober 2014

Update14:31:06 WIB

Anda berada di sini: Kesehatan Ibu & Anak Bocah Perokok Dari Sukabumi Sembuh dari Kebiasaan Merokok
Galat
  • JFolder::create: Path not in open_basedir paths

Bocah Perokok Dari Sukabumi Sembuh dari Kebiasaan Merokok


Mataharinews.com, Sukabimu - Bocah perokok asal Sukabumi telah sembuh dari kecanduan merokok selama empat tahun. Ilham (8), bocah itu, sembuh setelah menjalani terapi selama satu tahun di Jakarta yang dilakukan Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Adrialty Samsul, mengatakan, dari hasil terapi, Ilham bisa meninggalkan kecanduan merokoknya sehingga berat badannya naik dua kg.

Ilham merupakan warga Kampung Karawang Girang, Desa Karawang. Sejak berusia empat tahun sudah kecanduan rokok bahkan saat umur 8 tahun.

Ilham bisa menghabiskan dua bungkus rokok kretek setiap hari dan dia juga kecanduan kopi! Lima gelas kopi dia tenggak tiap hari plus ber-plas-plus menyebulkan asap rokok dari mulut mungilnya.

Sebelum menjalani terapi, bocah dinyatakan masuk stadium 3 kurang gizi yang saat itu tinggi badannya hanya mencapai 114 cm dengan berat badan hanya 18,5 kg.

"Sekarang Ilham sudah sembuh dari kecanduan merokoknya walaupun belum 100 persen dan berat badannya pun naik dua kg, awalnya hanya 18,5 kg saat ini menjadi sekitar 20 kg, walaupun idealnya anak seumuran Ilham berat badan seharusnya 26 kg," kata Adrialty, Jumat.

Menurut dia, proses terapi dilakukan melalui berbagai metode. Di antaranya terapi kesehatan, pembinaan dari sisi psikologis dan pihak keluarganya diberikan pemahaman dalam upaya mendidik Ilham agar tidak kembali menjadi seorang perokok berat.

Lebih lanjut, menghindari menjadi seorang perokok lagi, Dinkes setempat menyiapkan program pencegahan. Caranya dengan menjadikan lingkungan di sekitar tempat tinggal bocah ini dan keluarganya sebagai kawasan Kampung Sehat. (Antara)