MATAHARINEWS.com

Mewartakan dengan Terang Benderang

Kamis,17 April 2014

Update17:28:00 WIB

Anda berada di sini: Internasional Timur Tengah Kapal Induk USS Abraham Lincoln Dibuntuti Jet Tempur Iran

Kapal Induk USS Abraham Lincoln Dibuntuti Jet Tempur Iran

  • PDF

 

 


Matahrinews.com, Teheran – Pesawat tempur Iran berhasil membuntuti Kapal induk Amerika USS Abraham Lincoln saat melewati Selat Hormuz, tanpa insiden, selasa petang (14/2)

 

 

Komandan Kapal Induk USS Abraham Lincoln, Laksamana Shoemaker Troy, mengakui jika kapalnya diikuti oleh pesawat tempur Iran. Bahkan ia mengakui pula bahwa jet tempur Iran itu jaraknya kurang dari satu mil meraung-raung di atas kapal induk.

 

Selain jet tempur, pihaknya juga berhasil menangkap lewat radar sebuat pesawat siluman Iran tak berawak mendekati kapal USS Abraham Lincoln.

“Itu pesawat-pesawat patrol Iran. Apa yang dilakukan oleh pihak Iran, hal yang wajar. Kami juga akan melakukan hal yang sama di lepas pantai Amerika. Ini lebih dari wajar, karena kami beroperasi di halaman belakang mereka” katanya beralasan.

Kapal Induk yang membawa lebih dari 100 jet tempur F/A-18 memasuki teluk yang sempit Diapit oleh beberapa helikopter dan kapal penjelajah USS Cape St George dan USS Sterett, pasukan tempur berteknologi Amerika itu, melewati selat sempit tanpa insiden, seperti dilaporkan Associated Press.

Ini adalah kedua kalinya kapal perang AS melintasi selat dalam beberapa pekan terakhir. Abraham Lincoln, yang membawa puluhan jet F/A-18 dan pesawat lainnya, memasuki Teluk pada bulan Januari, meskipun peringatan sebelumnya agar AS tetap berada di luar perairan Iran.

Dengan adanya peringatan itu, Washington menjelaskan bawha tujuan mereka adalah membantu misi Nato di di Afghanistan.

Sementara itu, pihak telah Teheran mengecam penumpukan kekuasaan militer Barat di Teluk Persia. Kehadiran mesin-mesin perang Amerika dan sekutunya telah berubah Teluk menjadi depot senjata, ungkap Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi, Selasa. Kepada Press TV (Rt)